January 23, 2018

I Want to have my Healty Lifestyle Back

Hi Healthy Enthusiast ;D

        Teman-teman, yang berumur 25 an-30 an, apakah kalian merasakan tubuh jadi semakin mudah menggendut? Dari dulu saya sangat suka makan... I am a food addict and have craving for certain food. Saya suka mencari makanan-makanan baru dan berburu kuliner pinggiran, namun untungnya saya juga suka berolahraga, terutama body pump di gym dan pilates. Sewaktu kuliah, sangat mudah bagi saya untuk mengatur pola hidup, cukup makan enak, lalu setelahnya ngeGym di mall ikut sampai 2 kelas/ sesi, 3xminggu. 
Namun setelah saya lulus kuliah dan bekerja, jadi residen, jadi dokter... Badan saya bablas menggendut, dan tidak fit, karena waktu ngeGym yang makin terbatas dan juga perubahan pola hidup.

Ingat prinsip CALORIES IN, CALORIES OUT. Apa yang kamu masukan ke badan seharusnya seimbang dengan apa yang dibakar. Prinsip yang cukup mudah untuk kita ingat, namun tentu saja, ada perubahan metabolisme seiring bertambahnya usia, pola hidup, pola tidur dan kualitas makanan yang kita makan. Sehingga untuk hidup sehat menjadi sebuah tantangan yang cukup berat untuk dijalani.

Apalagi sebagai New Mom yang tidak ada baby sitter, buat saya menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk menemukan waktu "me time" berolahraga (mandi aja jadi secepat kilat). 

Tidak mudah menurunkan berat badan.

Apa anda pernah mendengar kata-kata seperti ini? tentunya sering ya, Ini karena Anda mengembangkan kebiasaan makan secara otomatis yang sulit dipatahkan. Anda masuk ke irama makan makanan tertentu - pagi, siang dan malam. Anda menjadi terbiasa makan makanan ringan di sela waktu makan, dan makan terlalu banyak di malam hari. Tidak mudah mematahkan kebiasaan ini, tapi memang mungkin.

Jadi saat ini, saya lebih memilih untuk mengubah HABIT/ KEBIASAAN sehari-hari


1) Eat the right food/ Makan Makanan yang Tepat

Perbanyak sayuran, buah dan karbohidrat kompleks, pilih makanan yang paling sedikit mengalami pengolahan. Contohnya: pilih buah segar daripada puding buah, pilih nasi merah daripada mie, ikan panggang daripada tekwan/model.

Ok, jadi apakah kita harus mengorbankan gorengan dan tekwan/makanan enak itu? NOOO, enjoy your life darling, it is your cheat food. 
Saya sedang melakukan investasi bagi tubuh, dengan makanan yang bernutrisi, mudah-mudahan saya bisa sehat lebih lama sehingga mampu bekerja secara maksimal dan mampu melihat dengan sehat anak dan cucu sampai tua nanti.



2) Get Enough Exercise/ Dapatkan Latihan yang Cukup

Usahakan melakukan moderate intensity training 150 menit/ minggu yang dibagi 5x/ minggu (masing-masing 30 menit), ini masih sulit saya lakukan, namun saya memilih hidup menjadi lebih aktif. Ini bisa dilakukan dengan jalan cepat, bersepeda, renang, yang penting ada peningkatan detak jantung >70% selama 30 menit. Akhir- akhir ini, saya lebih memilih melakukan HIIT (high intensity interval training), kalau lagi malas keluar rumah, karena lebih bablas capeknya ke badan. Mengenai HIIT, akan saya bahas di post lainnya.



3) Enough Sleep/ Tidur Cukup

Kebiasaan ketiga yang kita butuhkan untuk mengatasi seluruh kesehatan adalah kebiasaan istirahat yang benar. Kita perlu tidur tujuh sampai delapan jam setiap malam untuk mendapatkan kinerja optimal. Ini yang agak susah untuk saya kerjakan secara pribadi karena kebiasaan kalong dari jaman kuliah, untungnya sekarang sudah bisa memajukan jadwal tidur, jadi jam 23.00-07.00 (8 jam deh)

Jadi, ini sharingku tentang usaha hidup lebih sehat, semoga bisa membantu teman-teman semua. 

No comments:

Post a Comment